Kampanye Hitam, atau Adu Domba Para Idiot?



Setel ini dulu nih..


Musim kampanye sebenernya baru aja dimulai beberapa saat yang lalu, tapi kayaknya gak berlaku di jejaring sosial. Sebelumnya, banyak orang yang udah mengkampanyekan calon pilihan mereka jauh dari jadwal yang ditentukan lewat akun pribadi di Facebook, Twitter, Instagram, Friendster, Blog dan yang lainya. Kondisi ini seolah-olah terus berlangsung setiap saat oleh beberapa orang yang ngakunya relawan asal dikasih bayaran dari masing-masing calon.

Ga masalah menurut gue, tapi yang amat sangat disayangkan saat ga sedikit dari mereka yang ngelakuin Black Campaign atau Kampanye Hitam. Bukan kampanye yang dilakuin sama orang-orang  kulit item, bukan juga kampanye sambil guling-gulingan di jalan yang baru dikasih aspal biar item. Tapi kegiatan kampanye diem-diem, yang isinya tuh ngehujat, ngejelek-jelekin, caci maki, makan daki, sampe saling perang no mention di Twitter antar pendukung calon presiden.. Bahkan di Facebook juga banyak yang komentar berisi kampanye di status orang yang ga ada sangkut pautnya sama pemilu. Dan itu... NYAMPAH BANGET!

Ini nih contohnya..
Ga cuma itu aja, di setiap postingan blog, koran, atau majalah elektronik yang ngebahas salah satu dari dua pilihan ini pasti kolom komentarnya bakal rame sama para relawan fanatikan dari masing-masing calon presiden.. Kalo postingannya muji dan nguntungin pihak 1, para pendukungnya pasti bakal dengan bangganya ngebenerin postingan tersebut. Sedangkan kubu pihak 2 pasti bakal bilang kalo postingan itu ga bener dan nganggep yang bikin postingan tersebut dibayar sama pihak 1. Begitu sebaliknya. Idiot.

Entah.. Segitu dahsyatnya pengaruh politik di zaman sekarang sampe-sampe banyak yang lupa bagaimana cara bertutur kata sopan dan beretika selama ngegunain media jejaring sosial.. Apalagi setelah berlangsungnya debat Capres dan Cawapres yang disiarin di beberapa tv nasional. Salah satunya tv yang ada gambar elang kebangganggan dewan partai NasDem sama tv yang ada angka 1-nya milik ketua partai Golkar (Untung mereka ga berkoalisi, bisa-bisa partainya bergabung jadi Nasgor..). Antusias pengguna jejaring sosial jadi makin meningkat. Sindir-sindiran tweet di Twitter makin gencar. Bukan buat pilihan nomer 1 atau 2, tapi buat moderatornya yang rewel banget mengenai penonton yang sering tepuk tangan sebelum dia mempersilahkan. Gue yakin, dia gak pernah jadi MC acara musik Punk. Bayangin kalo dia ngomong “Penonton dimohon jangan ada yang moshing sebelum saya persilahkan..” Beberapa detik kemudian penonton ngelemparin dia pake bungkus intisari sampe wafat..

Hasil pengamatan kemaren
Kembali ke popok basah pokok bahasan. Liat deh ke berbagai pemberitaan media nasional yang di dalamnya ngebahas salah satu calon, pasti bakal banyak yang komentar. Kalo komentarnya pake bahasa yang baik dan beretika, ya ga masalah sih. Tapi kalo komentarnyana udah mulai saling hujat, caci maki, ngejelek-jelekin yang udah jelek itu yang bikin risih. Gimana mau maju demokrasi kalo kelakuan pendukung calonnya juga udah kayak gitu. Ini nunjukin kalo orang-orang Indonesia msih banyak yang belum terbiasa buat saling nerima pendapat orang lain. Banyak yang masih mikir kalo ada orang yang berbeda pendapat sama dia, harus dia serang dan bikin dia malu dengan ngebuat orang itu beranggapan pendapatnya salah. Akibatnya ya kayak sekarang. Banyak yang saling caci dan maki, tanpa nerapin sedikitpun sikap menghargai. Seolah-olah ngerasa dia paling pinter masalah politik dan nganggep orang lain yang berbeda pendapat itu bodoh. Idiot.

Satu kenyataan yang harus diterima lagi, kejadian tadi ternyata ga cuma dilakuin oleh para fanatikan pendukung salah satu calon, tapi juga kadang ga jarang statment dari salah satu calon yang intinya menjatuhkan calon yang lain. Contohnya iklan “Kutunggu Jandamu Janjimu” yang disiarin di salah satu tv nasional (inisial: depannya Glo, belakangnya Bal) yang bikin pihak pendukung lawan calonnya ga terima dan ngebales lewat jejaring sosial.

Kalo menurut gue sih boleh aja ngedukung salah satu pilihan, tapi cukuplah buat dipilih saat pemilu. Cukup lihat sama kenali calon berdasarkan kinerja dan pengalaman mereka, terus kita jadiin referensi; siapa yang layak buat dipilih. Pilih pilihan yang sesuai dengan kata hati, tapi jangan saling hina atas pilihan yang lain, ya mereka juga kan punya hak yang sama buat memilih. Jangan saling ngejelek-jelekin, kasian udah jelek jadi tambah jelek.
Pak.. Jawab pak..
Dulu waktu gue kelas 3 SMP, gue pernah baca dibuku paket IPS gue mengenai sejarah Politik Adu Domba yang dilakuin penjajah di masa kolonial dulu. Gue pernah mikir, kok bisa ya begitu gampangnya bangsa kita di adu domba? Tapi setelah gue berobat ke klinik tong fang, maksud gue setelah ngeliat kejadian kampanye hitam ini gue dapet jawabannya. Iya; Masyarakat Indonesia terlalu mudah terprovokasi, bahkan hanya karna pemberitaan mengenai calon-calon pilihannya. Kalo cuman karna perbedaan pilihan aja bisa bikin konflik saling caci maki sesama bangsa sendiri, gimana kalo ada pihak asing yang punya niat buat ngadu domba kita biar sedikit-dikit bisa ngancurin bangsa ini? Masa mau ngulang masa penjajahan yang lalu sih?

Sebagai warga negara yang negaranya menganut sistem demokrasi, seharusnya kita bisa saling nerima perbedaan pendapat, perbedaan pilihan, sama perbedaan kelamin. Bukannya kebebasan memilih itu juga merupakan hak seseorang? Jadi silahkan nikmati kebebasan buat milih, tapi tetep jaga kesatuan sebagai bangsa dan tanah air Indonesia. Saling menghormati perbedaan. Inget, kalo mau dihormati coba buat belajar menghormati!



Salam, Anonim.. Karna LUBER ( Langsung, Umum, Bebas, RAHASIA.)



Merdeka tidak sama dengan Merdesa!
*Ditulis dengan penuh kesotoyan anak muda gaul Idiot berumur 16 tahun kesamping..

Bakhtiar Rosadi

Comments

Popular posts from this blog

Magang Punya Kenangan

Kemungkinan Yang Tidak Memungkinkan