Magang Punya Kenangan

Nyolong waktu pas magang. Hehe. Jangan dicontoh..
Beberapa saat lalu gue bagi raport. Alhamdulillah nilainya mah lumayan. Alhamdulillah dapet peringkat 5 besar. Alhamdulillah naik kelas. Alhamdulillah bikin orang tua seneng. Selain ajang bikin orang tua seneng karna naik kelas, bagi raport juga dibuat sebagai ajang sombong-sombongan. Biasanya anak muda pada update status di facebook. Dari mulai doa-doa harapan dapet hasil yang terbaik, sampe live-report seperti
“OTW sekolah mau bagi raport”
“Duh deg-degan nih mau bagi raport” 
“Ini kok lama banget. Mau boker aja ragu nih, takut gurunya tiba-tiba dateng.”
“Alhamdulillah naik kelas walaupun nilainya warna merah semua” 
“Yah, aku ga naik kelas. Aku syeedih.” 
Yang terakhir pengen banget gue komentar “LIKE THIS!”

Tapi ada yang bikin status “Bagi raport udah tinggal PKL nih. Semangat!.” Gue jadi inget pas dulu sibuk-sibuknya persiapan PKL. Dari harus bolak-balik ke sekolah buat pembekalan PKL sekaligus ngecek pengumuman di Hubin (Hubungan Industri) buat tau PT mana yang nerima anak magang. Buat anak SMK, mereka punya jargon Lebih baik diPHPin gebetan daripada diPHPin Hubin. Iya, anak SMK sering di PHPin Hubin, dan siklusnya tuh
Udah ngirim lamaran magang => dibuat nunggu sama PT => tau-tau ga terima. 
Sama kayak..
Kita naksir cewek => kita deketin => kita kasih kode => kita tembak => digantungin setahun => tau-tau dijawab “kamu udah aku anggep kakak sendiri, kita temenan aja ya.” 
Itu tuh...

Sakitnya disini..

Gue jadi inget juga pas masa gue ngejalanin PKL. Prakerin atau Praktek Kerja Industri, biasa disebut juga dengan PKL (Praktek Kerja Lapangan) atau Magang. Gue magang dua periode. Yang pertama gue jalanin pas awal semester pertama, yang kedua pas awal semester pertama. Dua-duanya di tempat yang sama. Iya, biar ga ribet beradaptasi sama bikin laporan. Berhubung gue anak otomotif, gue jadi magang di salah satu bengkel yang juga merupakan salah satu dealer motor resmi Yamaha terbesar di kabupaten Karawang. Namanya itu PT. Yamaha Ramarayo Motor cabang Karawang. Lokasi bengkel tersebut di Jln. Surotokunto no  38, Warung Bambu atau tepat di samping kantor camat Karawang Timur. Bengkelnya ini ga terlalu luas sih, tapi dikatakan sebagai salah satu bengkel terbesar karna setiap hari pasti ada orang yang ngeservice motornya dan hampir tiap hari juga ada orangnya yang ngeleasing motor dari dealernya. Ga kebayang, beberapa tahun lagi mungkin kota Karawang ga akan cuma ramai penuh sama perumahan dan juga pabrik industrinya, tapi juga pengguna motor yang makin membludak dari waktu ke waktu.. Kota Karawang aja ramai mblo, masa hati elu masih sepi sih?

Ini tampak depan. Keren ya..

Gue magang di sana selama 3 bulan perperiodenya. Pas awal magang di periode pertama, gue sempit mikir.
Entar gue bakal nyaman gak ya disana?”
“ Pembimbing prakerinnya pada asik atau galak?”
“ Dapet uang saku berapa?”
“ Bisa nyari gebetan gak disana?”
“WC nya ada keran airnya apa enggak?
Setelah masuk magang gue akhirnya dapet jawaban untuk semua pertanyaan itu. Yap. Selama magang gue ga dapet uang saku dari bengkelnya langsung, sepeser pun. Tapi pembimbing magang gue itu baik semua, hampir beberapa kali suka ngasih uang makan atau uang jajan kalo dia dapet uang tip dari konsumen dan juga uang hasil jual oli bekas motor service. Lumayan. Terus karyawan yang kerja disini asik-asik, apalagi karyawan cewek baru di office. Wajahnya ngingetin gue sama seseorang.. Ah, sudahlah..
Ada lagi yang bikin gue betah, bengkel ini full wi-fi. Kadang kalo lagi males gue izin ngomongnya mau boker di wc, tapi di wc gue malah duduk sambil internetan aja di wc. Tentram ga ada yang ganggu. Kadang juga pas jam istirahat, pas yang lain makan siang, gue malah nongkrong di pantry atau tiduran di mushola sambil internetan. Ohiya, WC disini ada keran airnya, ga harus nimba. Tapi toiletnya toilet duduk. Liat aja baru pertama kali, apalagi make. Akhirnya pas lagi kebelet pup gue kayang di WC duduk.

Squatting in Sitting Toilet.
Pembimbing gue juga asik banget, suka bercanda mulu, suka ngajak nonton film (*you know lah..), suka ngegodain karyawan office pas istirahat, suka nraktir gue makan, tapi kadang dia bisa jadi serius, jadi ngeselin, jadi Hulk dengan pakaian JKT48 dan jadi garing banget. Pernah suatu hari, waktu itu lagi hujan gede dan otomatis konsumen service sepi. Gue bareng pembimbing gue nunggu di depan bengkel. Terus tiba-tiba dia ngasih lelucon dan tebak-tebakan yang dia jawab sendiri dan lalu dia ketawain sendiri. Gue inget banget..
“Saya pernah naik sepeda dari Karawang ke Surabaya cuma semaleman. Kok bisa? Iyalah, sepedanya saya masukin kereta, terus saya naik diatasnya. Hahaha.”
“Kalo naik kereta biasanya suka sendiri atau rombongan? Saya sih rombongan, soalnya kalo sendiri  ya cuma sendirian di gerbong. Gaada temen ngobrol. Hahaha.”
“Iar, kalo ada sapi ngadep ke timur, buntutnya ada dimana? Ya di belakang dong. Hahaha.”
“Laler, laler apa yang warnanya ijo? Yap, bener. Lalernya Hulk! Hahaha.”
Setelah pembimbing gue puas ketawa, keadaan sekitar menjadi hening seketika. Tiba-tiba bola jerami lewat di tengah jalan. Ada debu yang kebawa angin. Sunyi senyap. Lalu pembimbing gue pergi ninggalin gue dengan mulut yang penuh busa.

Freak emang.. -_-
 

Di bengkel ini, gue magang di bagian teknisi service. Tapi kadang suka disuruh buat bantu-bantu di ruang penyimpanan spare-parts, atau juga bantu di meja kepala bengkel buat nginput data atau nerimain konsumen service. Jurusan otomotif tapi kerjaan administrasi gini, sampe temen magang gue bilang “Besok mah pake rok aja iar, lebih pantes.” Karna merasa dipuji, gue ikutin saran dia. Siangnya gue dipanggil sama kepala bagian HRD. Bagian HRD merupakan bagian yang paling angker di semua perusahaan meski yang ngantor disana kebanyakan muda dan cakep. Tapi serem. Orang HRD kalo udah ngomel bisa sambil teriak-teriak dan ngemil kaca. Gue ngebayangin kalo orang HRD itu mbak-mbak yang lagi PMS, setiap kali ada pegawai yang berbuat kesalahan pasti dilempar ke atap perusahaan. Tapi gak biasanya anak magang dipanggil ke ruangan itu, apa gue ngelakuin kesalahan ya? Terus gue inget seminggu yang lalu gue ketauan lagi tidur di musholah pas jam istirahat. Karna lampunya dimatiin gak sengaja kaki nendang kepala pimpinan HRD. Mampus! Pasti masalah itu. Gue deg-degan  masuk ruangan HRD. Pas buka pintu pimpinan HRD kayaknya udah nungguin di meja sambil ngobrol sama asistennya dengan saling megang gadget mereka. Gue dipersilakan duduk terus di liatin sama mereka berdua dengan tatapan kayak vampire nemu darah. Pantat gue keringatan. Lalu gue diinterogasi. Pimpinan HRD itu nanyain tentang masa waktu gue magang, dan masalah laporan jurnal magang. Gue lega, kirain masalah apaan. Pas udah selesai gue disuruh balik lagi ke bagian gue dan waktu gue mau keluar pintu, mereka ngelanjutin obrolannya. Gue sempet nguping, “Kalo gue tau siapa yang nendang pala gue, udah gue PHK dah tuh orang” kata pimpinannya pake nada agak tinggi.

Muehehe..
Waktu berlalu cepet saat kita nyaman ngejalanin hari-hari. Ga kerasa akhirnya tugas gue buat ngelaksanain magang udah selesai. Banyak pelajaran yang gue di sini selama gue magang, terutama dari  pemimbing gue. Gak cuma tentang produktif kejuruan, tapi juga tentang kehidupan. Gue jadi ngerasain gimana susah payahnya seorang kepala keluarga nyari uang buat kelangsungan hidup anggota keluarganya. Gue belajar, gimana cara buat bersabar dan dengan dada lapang nerima hasil yang mungkin berbanding terbalik dengan apa yang telah kita usahakan serta kita harapkan. Gue belajar, gimana caranya manfaatin kesempatan, karna hanya orang beruntung aja yang berkesempatan buat dapet kesempatan kedua. Gue belajar, gimana caranya nutupin sedih, lelah, beratnya kehidupan dengan canda-canda tawa sederhana, meski itu garing. Gue juga belajar, terkadang apa yang kita inginkan itu belum seberapa penting dibanding apa yang orang lain butuhkan. Dan yang terpenting, gue belajar kalo terkadang yang menyamankan hanya untuk sementara, tapi ga menutup kemungkinan untuk terus merasakan nyaman di suasana yang baru. Seperti saat gue nyelesain kegiatan magang ini..

Terima kasih PT. Yamaha Ramarayo Motor Karawang atas pengalamannya. Banyak yang udah nunggu untuk di selesaikan sehabis pulang magang. Kayak laporan magang, tugas-tugas sekolah, tugas-tugas organisasi, dan masih banyak lagi. Ada beberapa hal yang gue ga suka kalo masuk sekolah dan bikin gue milih buat magang aja, di sekolah kita harus bangun pagi, pulang sore bahkan malem, ketemu guru killer, ketemu tugas yang bejibun, ketemu mantan, dan yang terkampret rambut ga boleh panjang dikit aja. Tapi kalo di sekolah pasti bisa ngobrol sama temen-temen, bisa ngeliatin adik-adik kelas yg gemesh-gemesh, bisa ngeledek jomblo-jomblo yang populasinya makin meningkat di sekolah dan juga bisa dapet uang jajan lebih lagi. Jadi.. Saatnya kembali ke sekolah!

Ini tim bengkel..

Salam, Tiar!


*Oh iya.. Gue punya beberapa foto-foto tentang tempat magang gue nih..

 
Tempat yg hampir bikin gue dipecat. Hehehe
TERUS, GUE BUANG AIRNYA GIMANA!?
Tempat kerja teknisi
Kepala bengkel. Pak Abriel..
Bang Jhoooooon..
Pantry. Tempat ngumpet pertama.
WC. Tempat ngumpet kedua..
Warung samping. Tempat ngumpet ketiga..
Say.. Cheese!!



Bakhtiar Rosadi

Comments

  1. Selamat ya yang sudah selesai magang-nya :D

    ReplyDelete
  2. Gua anak SMK nih, baru bulan Januari kemaren sampe Maret gua PKL di jakpus, yang gua pikir setelah gua masuk adalah "Kira-kira gua disini berguna ga ya? kayak nya sih engga" gitu aja sih, udah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti ada gunanya lah mas. Buat jadi suruhan sama OB sementara :D

      Delete
  3. halo, kamu dapat kado kecil dari aku. mohon diterima ya :)
    The Liebster Award

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hay.. Wah terima kasih mba, padahal ulang tahun saya masih lama :D tapi the liebster award itu apa ya?

      Delete
  4. the liebster award itu semacam penghargaan untuk blogger, baca aja disini http://kemandungdung.blogspot.com/2014/07/the-liebster-award.html

    ReplyDelete
  5. memang setiap apa yang kita lalui itulah kenangan..
    magang aja terkenang apalagi mantan ya :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Pembaca yang baik meninggalkan jejak. Komentar kalian turut serta membangun kelangsungan hidupnya blog ini..

Popular posts from this blog

Kampanye Hitam, atau Adu Domba Para Idiot?

Kemungkinan Yang Tidak Memungkinkan