Pergi Hilang dan Lupakan


Hai mblo!

Oke, baru selesai malem minggu lagi ya? Malem mingguan sama siapa nih mblo? Sendirian? Sama temen? Sama tv? Sama sosial media? Sama guling? Sama sabun? Atau sama pacar? Eh iya lupa, jomblo mah kan gapunya pacar.. Mending malem mingguan sama blog gue aja sambil dengerin lagunya "Remember of Today" yang judulnya "Pergi, Hilang, dan Lupakan". Ada cerita yang bakal gue bahas kali ini, ini cerita nyata di kehidupan gue sendiri. Tentang cinta-cintaan gitu. Tapi tenang, gabakal mojokin jomblo kok. Cerita yang gue dan temen gue alamin, tenta­­­ng rumitnya cinta ala anak jaman sekarang, tentang kenyamanan, tentang hubungan yang sebatas teman, tentang keraguan, dan tentang sebuah perasaan yang hanya bisa dipendam tanpa pernah bisa diungkapkan.




 
Jadi gini ceritanya.. Gue punya temen namanya Joni (nama disamarkan, demi keselamatan gue yang ngangkat ceritanya ke dalem postingan gue kali ini). Dia bisa dibilang sohib gue di salah satu organisasi di sekolah yang gue ikut serta di dalam kepengurusannya. Joni ini orang yang pertama gue kenal dari awal pertama gue masuk organisasi itu. Walaupun beda kelas, gue sama Joni ini deket banget. Kemana-mana aja gue sering bareng sama Joni. Selain karna kita temenan, alesan kenapa gue sama Joni kalo kemana-mana atau ngapain aja suka bareng terus itu karna Joni ini anaknya alim banget. Dia selalu mengutamakan berjama'ah, ketimbang sendiri-sendiri. Jadi semuanya harus bareng-bareng, kayak berangkat bareng, pulang bareng, nginep di sekolah bareng, makan bareng, mandi bareng, tidur bareng, bok*er bareng, cebok bareng, galau bareng sampe ngedeketin cewek juga bareng. Tapi cewek yang kita deketinnya itu beda. Joni bukan tipe temen makan temen, karna makan daging yang haram itu hukumnya dosa katanya. Alim banget kan? Eh, bentar bentar. Gue sebagai temennya itu berarti daging......

Beberapa waktu yang lalu Joni curhat tentang masalah percintaannya ke gue. Gue sebagai murid dari pakar curhat-percurhatan se-kecamatan, Memeh Dadah (kembaran kw nya mamah dedeh) dengan suka rela dan penuh rasa iba ngedengerin curhatan si Joni ini. Dia udah lumayan lama putus sama mantannya, karna suatu alasan. Nah dari sini udah lumayan ketebak kan apa yang dia curhatin? Iya, jadi dia curhat tentang mantannya ke gue. Bukan karna dia belum move on. Bukan karna dia masih punya hutang cireng ke mantannya. Masalahnya ini agak rumit. Hampir serumit nama spesies tumbuhan berbiji dua yg ada di buku paket biologi kelas XI. Tapi ga serumit nama akun facebook adek-adek gemesh yang baru labil. You know, like Thyarr Cie'cwokCool EankGuggsPeurnachNgerty ApahNttuhhLuupph..

Joni ini punya mantan, sebut saja dia Bunga. Mereka berdua pacaran sejak makan bangku SMP dulu. Joni ngabisin 3 bangku, sedangkan Bunga cuma 1 bangku, ditambah meja guru sama pintu. Mereka putus dengan kondisi tidak wajar. Joni masih punya utang jajan cireng yang belum dia bayar ke si Bunga. Bunga masih punya utang tarohan nyanyi lagu Alamat Palsu pake nada Bang Toyib sambil Goyang Itik ke si Joni. Meski begitu, dari dasar lubuk hati kecilnya, Joni diem-diem masih nyimpen perasaan ke Bunga. Perasaan sayang yg seharusnya udah dibuang. Dan Joni juga yakin kalo si Bunga ini masih nyimpen perasaan yg sama buat dia.

"Jangan kegeeran dulu bro. Siapa tau dia cuma care ke elu sebagai temen biasa, ga lebih. Biar ga putus tali silaturahmi aja itu mah.." ledek gue, ngeliat Joni yg bener bener yakin sama dugaannya.

"Yeh, beneran iar. Coba deh lu liat nih sms dari dia." kata Joni, ngeyakinin gue.
Pas Joni tunjukin isi sempaknya.. Eh maaf, maksud gue isi smsnya..

“Bang, nanti pulangnya beliin nasi goreng dua buat Ibu sama ade ya. Jangan lupa telornya dipisah, belom mukhrim kata Ibu..”

“Eh sorry iar, salah sms. Ini nih yang bener..”


Joni nunjukin lagi smsnya ke gue, tapi sekarang ga sambil nunjukin isi sempaknya. Gue lupa sama isi sms Bunga buat Joni, tapi gue inget apa inti pesan yang mau bunga sampein ke Joni. Bunga minta supaya Joni bisa terus ada buat dia, ada di sisi dia. Bunga minta supaya Joni tetep ngejaga perasaan yang sama persis kayak dulu buat dia. Meski sekarang semua terasa beda, ga sama kayak dulu saat mereka berdua pacaran. Ngejaga perasaan sayang tanpa memiliki, ngejaga perasaan cinta tanpa dimiliki. Itu yang Bunga mau.

Dari sana gue ikut yakin kalo Bunga masih nyimpen perasaan yang sama kayak apa yang Joni pendem di hatinya. Dengan santai gue nyeletuk..

“Yaudah balikan aja atuh. Toh elu berdua juga masih sama-sama sayang, kan?”


Hening. Joni diem dan kayaknya lagi netralin pikiran sama hatinya yang mulai ga stabil itu. Oke, gue salah ngomong berarti. Joni narik nafas dan dari air mukanya dia lagi mikirin sesuatu. Akhirnya Joni cerita.

“Gue bingung , iar. Gue putus sama dia secara baik-baik, dan sampe sekarang pun masih berhubungan baik; sebagai temen. Gue sadar ga mungkin lagi balikan lagi sama dia. Beberapa minggu yang lalu temen gue yang satu SMA sama dia cerita kalo dia sekarang lagi  deket sama orang lain. Gue bingung, dan akhirnya memutuskan buat bener move on dari dia, dan nganggep dia bener-bener hanya sebatas temen. Selang beberapa waktu gue deket sama beberapa orang yang gue pernah gue ceritain ke elu, tapi ujung-ujungnya sama..”


“Sama gimana maksudnya Jon?”


“Sama. Setiap gue deket sama orang lain dia selalu dateng, ngasih perhatian lagi ke gue. Seolah-olah dia ga mau kalo gue deket sama orang lain. Pas gue mutusin buat ngejauhin orang lain itu, dia juga malah ikut pergi ngejauh. Dan beberapa hari yang lalu gue baru dapet kabar kalo dia ternyata udah punya pacar baru. Tapi dia bikin tweet, yang intinya seolah dia tuh masih nyimpen perasaan ke gue, lebih daripada perasaan ke pacar barunya. Rumit.”


“Terus gimana Jon?”


“Ya sekarang gue udah mutusin buat ga ngehubungin dia lagi. Kemaren mungkin jadi sms gue yang terakhir ke dia. Sekarang gue ga mau pacaran dulu, tapi kalo deket-deketan doang sih gapapa. Lagian gue mau fokus dulu di sekolah, organisasi, sama project gue.”


Gue cuma bisa ngangguk-ngangguk doang tanpa ngomentarin keputusan Joni. Tapi dipikiran gue saat itu penuh sama permasalahan cinta Joni sama Bunga ini. Jujur gue salut sama Joni atas ketabahannya selama digantungin gitu. Kalo gue jadi Joni, gue pasti milih ngelupain Bunga dari dulu. Oke lah buat masalah kontek-kontekan masih tetep jalan. Tapi masalah perasaan, kalo udah ya udah, jangan ngarepin lagi buat balikan. Bukannya balikan itu memulai kembali apa yang udah berakhir? Aneh kan? Masa udah udahan masih pengen mulai lagi. Lagian bukannya Bunga itu udah nyia-nyiain Joni? Joni yang ditinggal Bunga begitu aja. Joni yang dulu selalu ada buat Bunga. Joni yang sekarang menutup hatinya rapat-rapat buat Bunga. Dan ujung-ujungnya, Bunga yang katanya punya seseorang yang baru dihatinya pun pada akhirnya berlari dan mencari Joni lagi. Mengingat kenangan bersama Joni saat merasakan kenyaman bersama orang lain, kenyamanan yang ga lebih nyaman ketimbang kenangannya. Saat Bunga mengingat tentang kenangan itu, Joni udah ga ada di dalamnya. Joni kini tepat berada di sudut ruang yang Bunga sia-siain. Bunga tiba pada sebuah keterlambatan yang akan berujung sebuah penyesalan nantinya. Bunga tiba saat Joni ga ada lagi di penantian akan kedatangannya lagi. Dan kalo misalkan gue jadi si Bunga, gue bakal ngelepas Joni. Bunga yang milih buat pergi saat Joni butuh dia, dan datang lagi saat Joni punya penggantinya. Bunga hilang saat Joni nginget dia, dan hadir lagi saat Joni udah bisa ngelupainnya.

Dari curhatan Joni ini, gue simpulin kalo yang sebenarnya salah itu adalah Bunga. Dia nahan-nahan Joni buat move on darinya, tapi juga dia lagi berusaha move on dari Joni. Pas dia udah bisa move on, dia ninggalin Joni yang seharusnya udah dari dulu move on darinya. Dan waktu Joni udah mulai nyoba buat move on dari dia, dia kembali lagi seakan dia ga mau Joni move on darinya. Tapi di sisi lain Joni juga salah. Pikirannya mutusin buat move on, tapi hatinya engga. Pikirannya maksa buat ngehilangin benak dia, tapi hatinya masih ngarepin kehadirannya. Emang rumit kalo pikiran sama hati ga sejalan tuh..


Ceritanya Joni ini ngingetin gue sama cerita tentang masa lalu gue. Oke seterah deh mau percaya atau engga tapi ini cerita tentang mantan gue. Ga percaya kalo gue punya mantan? Iya, sama gue juga ga percaya. Jadi udah lama gue putus sama dia. Dia yang minta putus, tapi gue yang ngerasa mutusin. Jujur, awalnya gue galau karna putus sama dia. Coba bayangin, gimana rasanya kalo cewek elu minta putus di saat elu lagi sayang-sayangnya sama dia? Nyesek kan? Iya gue juga nyesek, tapi cuma sebentar. Gue mikir, dia minta putus karna prinsipnya mengenai kepercayaannya tentang mengenai pacaran. Gue sadar, yang namanya sayang itu ngebikin kita berubah jadi lebih baik karna dia, bukan bikin dia berubah karna kita, apalagi sampe ngalangin niat baik itu. Oke akhirnya gue putusin buat bener-bener putus sama dia; gue putusin buat move on dan cari yang lain. Yang gue aneh, di saat gue berusaha buat nyari penggantinya dia malah terus-terusan nunjukin kalo sebenernya dia masih ada perasaan. Kenapa ga pas dia mau minta putus aja? Kenapa cuma karna prinsip yang ikut-ikutan orang lain itu dia minta putus? Kenapa pas gue udah nutup hati rapat-rapat buat dia, dia malah ngubah prinsipnya yang gamau pacaran dulu itu? Jujur, gue paling ga suka sama orang terutama cewek yang so-so an bikin prinsip hidup yang sebenernya dirinya sendiri pun ga bisa nyanggupin prinsip yang dia buat itu. Dan sekalinya gue ga suka sama orang, gue bakal ngejauh. Tapi kenapa dia masih ngedeketin gue terus waktu itu? Oke lah, mungkin dia masih nyimpen perasaan yang bener-bener perasaan ke gue. Gue ngehargain itu, dengan cara nahan diri buat ga pacaran dulu sampe dia deket sama cowok lain. Banyak cewek yang gue deketin, salah satunya Pelangi Senja yang berujung Kebodohan dan Sebuah Penyesalan bagi gue. Sampe akhirnya gue liat dia deket sama kakak kelasnya, sampe pulang bareng malah waktu itu. Kebetulan gue lagi deket sama anak sekolah lain. Pas gue deket banget, sampe akhirnya sekarang gue jadian, dia malah ga suka sama hubungan baru gue. Aneh,  bukannya yang dulu minta putus dia? Bukannya yang udah nemuin penggantinya duluan itu dia? Gue ga tahan lagi, sekarang gue putusin ga mau mikirin lagi tentang dia, ga mau ngejaga perasaannya lagi. Percuma dianya juga ga ngejaga dan ngertiin perasaan gue. Biar dia yang mikirin gue, dan gue fokus mikirin pacar baru gue.

Seharusnya, kalo udah pengen putus itu kudu pikirin sekali lagi, biar nantinya ga datang lagi, ngeflashback semua kenangan dari awal lagi, dan ngancurin rencana buat move on lagi. Kalo pun udah putus ya seharusnya pergi dari kehidupannya buat memulai semuanya dari awal bersama yang baru, hilangin semua bayang tentang dia, dan lupain semua kenangan manis saat bersama dia. Iya.. Pergi, Hilang, dan Lupakan. Tapi ya kalo ga sanggup buat move on, ya jangan so so an move on. Jangan ngebohongin diri sendiri, ungkapin aja kalo misalnya masih punya perasaan. Jangan cuma ngasih kode, ga semua orang peka sama apa yang dikodein itu, ada juga orang yang udah peka tapi pura-pura ga peka buat mastiin lagi kalo dia itu ga kegeeran. Ungkapin apa yang seharusnya diungkapin, jangan cuma dipendem aja. Mendem perasaan itu ga enak tau, mending mendem duren.. Tapi yang masih ga bisa move on dari orang yang udah move on dari kita itu lebih ga enak, loh. Makanya, ayo move on, Jon!


Salam, Bakhtiar Rosadi.

Comments

  1. keren, keren Bah.. mungkin cerita lo ini banyak menceritakan hal yang pernah lo alamin dan dijadikan cerpen, keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks tam. Next post cerita tentang elu ya :D

      Delete

Post a Comment

Pembaca yang baik meninggalkan jejak. Komentar kalian turut serta membangun kelangsungan hidupnya blog ini..

Popular posts from this blog

Magang Punya Kenangan

Kampanye Hitam, atau Adu Domba Para Idiot?

Kemungkinan Yang Tidak Memungkinkan